menu-bar

Thursday, December 8, 2016

Cara install laravel 5 pada windows xampp

68747470733a2f2f6c61726176656c2e636f6d2f6c61726176656c2e706e67
Hola! setelah sekian lama saya baru tertarik nih bikin artikel lagi. Kali ini mau bikin tutorial cara install laravel 5 pada sistem operasi windows. Sebelum mulai saya mau jelasin dikit nih apa sih laravel itu. Laravel adalah sebuah framework besutan taylor otwell untuk PHP, stop apa itu PHP? apa itu framework? PHP gampangnya adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. Nah kalau framework itu bisa diartikan berisi potongan-potongan code yang sudah tersusun dan terorganisir dengan baik sehingga dapat digunakan untuk membuat aplikasi tanpa harus memulai code dari awal, intinya beberapa fungsi dasar biasanya sudah ada (koneksi ke database, pagination dll). Oke kita kembali ke laravel, pertama kali ditemukan oleh taylor otwell pada juni 2011 sekarang laravel sudah sampai versi ke 5.3 sebagai release terbarunya. Beberapa kelebihan laravel adalah,
  1. memliki syntax yang expresif dan elegant. Jadi cenderung mudah dipelajari dan tidak berbelit-belit.
  2. Mendukung sampai PHP 5.3, php 5.3 memiliki banyak sekali fitur baru yang pastinya bisa kita gunakan seiringan dengan laravel itu sendiri.
  3. Composer, adalah  ‘dependency manager’ untuk PHP, jadi kita tidak perlu install package satu persatu karena si composer ini lah yang akan bantu kita untuk install package yang kita butuhkan. Composer yang nyari, yang download, juga yang install, kita tinggal pake gan.
Oke sekarang kita mulai saja installasi laravelnya! dan sebelum install laravel pastikan composer sudah lebih dahulu ter-install, kalau belum ya download dulu gan disini! kita akan coba install laravel 5.3 dan juga berikut beberapa requirements yang harus dipenuhi supaya installasi berhasil:
  • PHP >= 5.6.4
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension
Selanjutnya buka command promt (CMD) agan dan ketik perintah berikut untuk mengarahkan intallasi agan ke root directory localhost,
 cd C:/xampp/htdocs
Lalu ketikan perintah berikut untuk menginstall laravel
composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog
Dimana kata "blog" adalah nama project agan nantinya, bisa di ubah sesuka hati.
install-laravel1
Tunggu sampai proses installasi selesai...
install-laravel2
Nah kalau sudah seperti diatas, kita coba akses project kita memalui web browser. Karena kita menginstall-nya di root folder maka ketik URL berikut 'localhost/blog/public'. Kalau sudah tampil seperti dibawah ini bisa di asumsikan kalau installasi sudah selesai.
install-laravel3
Nah sekian artikel saya hari ini, saya mohon maaf kalau ada salah-salah dan ada yang kurang. Terima Kasih
Catatan: hiraukan localhost:8080 pada gambar diatas, itu saya pakai port 8080 karena port deffaultnya terpakai untuk aplikasi yang lain.
Sumber refrensi: 

No comments:

Post a Comment