menu-bar

Tuesday, March 7, 2017

Custom error page pada Laravel

Error tentunya jadi hal yang lumrah dan biasa saja kita temukan disaat kita sedang mengerjakan suatu project, namun apa jadinya kalau error page yang pastinya hanya dimengerti oleh programmer/developer secara tidak sengaja ditampilkan pada user?


Tentunya hal ini sangat tidak baik dan tidak user friendly, selain terkesan tidak professional, internal dari project kita juga bisa dengan mudah diketahui oleh user. Maka dari itu kali ini admin bermaksud berbagi pengalaman bagaimana men-redirect user ke custom error page kita sendiri. Tentunya hal ini lebih user friendly karena user tidak perlu melihat kode-kode yang sukar dipahami tetapi user tahu kalau telah terjadi error pada system. Dalam laravel, error page itu sendiri di render di app\Exceptions\Handler.php.

Tinggal tambahkan satu baris pada file Handler.php, atau lihat gambar berikut:


Artinya, setiap ada request dari user yang menghasilkan error maka secara otomatis akan di redirect ke view error page kita sendiri. di sini kita men-redirectnya ke folder errors, file error_page.blade.php (views/errors/error_page.blade.php). Maka user akan di redirect ke halaman yang lebih user friendly.


Begitulah kurang lebih cara untuk membuat custom error page kita sendiri dilaravel mohon maaf kalau ada yang salah-salah, kurang-kurang dan informasinya kurang jelas. Terima Kasih

No comments:

Post a Comment