menu-bar

Tuesday, August 22, 2017

Module hitung ongkir JNE, TIKI, POS dengan Prestashop & RAJA ONGKIR GRATIS

Halo,  sebelumnya saya sudah buat module dengan fungsi serupa. Namun karena ada teman-teman yang menanyakan bisa atau tidaknya module ini menggunakan API dari raja ongkir maka saya buatkan juga module ini.

Pertama-tama jangan lupa ambil API key nya dulu dari, https://rajaongkir.com daftar lalu masuk menu panel untuk ambil API key.

1.     Berikut ini contoh halaman panel untuk ambil API:




Modulenya masih saya taruh di GIT supaya mudah di download, https://github.com/ImmanuelJL/prestashop-ongkir-mycarrier_rj. Setelah dapat api key dan download module nya, ikuti langkah-langkah berikut untuk proses installasi (yang sebenarnya part ini sama saja dengan artikel sebelumnya) :

1.     Upload module


Dan berikut penampakan bila proses upload berhasil


2.     Install module, tinggal next next saja gan…


3.     Masukan api key dan nama kota dari mana barang atau ongkir akan di hitung, misalnya toko agan di Jakarta Pusat


4.     Selesai, dan berikut penampilannya




Dari module ini kita memiliki 3 kurir sekaligus JNE, TIKI dan POS. Namun karena alasan performance hanya beberapa service saja yang saya tampilkan (untuk service lengkapnya boleh cek dari web resmi raja ongkir). Dan juga perlu menjadi catatan, nama kota tujuan maupun pengiriman harus menggunakan nama kota secara lengkap dan benar (untuk memastikan perhitungan ongkir yang akurat).

Saya akui module ini masih memliki fitur yang sederhana, saya akan kembangkan lagi apabila saya ada waktu luang dan mendapat respon yang cukup positif. Dukung pengembangan module ini dengan like and share! Sekian terima kasih.

NOTE: 
1. Menggunakan Prestashop 1.6
2. Untuk versi Prestashop 1.7 bisa cek disini




37 comments:

  1. kok Terdapat 1 error

    Tidak ada kurir untuk alamat yang Anda pilih.
    padahal api key dan kota udah aku setting bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo gan, sorry mungkin emang kurir tidak tersedia untuk alamat yang dipilih...
      Soalnya saya baru liat ya error seperti itu

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. error kecamatan diperlukan
    tolong gan solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, wah sorry gan saya belum pernah error begitu, kalau ada waktu saya cek lg ya

      Delete
  4. Replies
    1. saya butuh yang kompatibel versi 1.7.x

      Delete
    2. Hi, sorry gan sementara ada untuk versi 1.6 sajah

      Delete
    3. cek di sini gan untuk versi 1.7 https://immanueljl.blogspot.com/2018/07/module-hitung-ongkir-jne-tiki-pos.html

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Makasi Modulnya Bang. Saya sudah cobak di localhost dengan prestashop versi 1.6 dan berhasil dengan memakai alamat atau pengiriman domestik. saya pakai API Key dengan jenis akun stater. Kira-kira kalau Akun di Raja ongkir saya upgrade ke Basic, apakah modul ini bisa untuk pengiriman ke luar negeri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, terima kasih kembali. Wah saya belum pernah coba, mungkin agan bisa coba trus share pengalaman nya disini? Hehe

      Delete
    2. Gimana gan sudah coba kah? Hehe

      Delete
  7. Saya coba upload module pertama kali gagal, setelah klik "try again" dan upload zip file nya baru berhasil. Tapi waktu configure API dan kota, langsung keluar "This page isn’t working" dan "is currently unable to handle this request." setelah klik "save". Bisa tolong gan?

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Hai gan, cuma ada ver 1.6 ajaa

      Delete
    2. cek di sini gan untuk versi 1.7 https://immanueljl.blogspot.com/2018/07/module-hitung-ongkir-jne-tiki-pos.html

      Delete
  9. Wah, sayangnya tidak support dengan prestashop 1.7. Saya pengguna prestashop 1.7.
    Ikut mendukung sekali jika bikin modul 1.7.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di sini gan https://immanueljl.blogspot.com/2018/07/module-hitung-ongkir-jne-tiki-pos.html

      Delete
  10. sangat membantu. terimakasih utk developer nya. mudah banget pasangnya. salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  11. Ditunggu untuk prestashop versi 1.7 gan.. Thanks developer

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di sini gan https://immanueljl.blogspot.com/2018/07/module-hitung-ongkir-jne-tiki-pos.html

      Delete
  12. Dear all, module untuk versi 1.7 sudah tersedia. Thanks untuk supportnya !!!

    ReplyDelete
  13. mas bro... modulnya bagus nih, tapi nama daerah pengiriman belum berubah seperti kota-kota di indonesia, masih menggunakan nama wilayah default prestashop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bro... thanks sudah mau pakai. Iya nih saya cuma fokus pada shipping nya saja untuk saat ini...

      Delete
  14. mas bro.. ada ide ga buat mempercepat performance nya.. super lemot jadinya mas bro gara2 API nya banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. API banyak gimana bro? Pas list data provinsi atau pas get cost nya?

      Delete
  15. hallo gan ko disaya modulnya tidak ada yah padahal sudah di upload dan sukses tapi modul tidak tampil

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Makasih broo, sangat membantu sekali :)
    sehat selalu bro

    ReplyDelete
  18. aku coba di local kenapa selalu gratis yah apa ada yang perlu di setting

    ReplyDelete
  19. punya saya kok masih free semua y gan ?

    ReplyDelete
  20. Unfortunately, there is no payment method available.

    kok malah jadi gini gan ???

    ReplyDelete
  21. halo gan, supaya ongkirnya terhitung kelipatan berat gmana ya ?
    ane ubah ke gram gk kebaca, atau harus KG ?
    Terima kasih module gratisnya

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete